Fihk Tauvhk's Blog

Learn from yesterday, Do your best today, Plan for a better tomorrow.


Tinggalkan komentar

HATI-HATI! Modus Penipuan melalui Telpon [ dari no 085768818118]

Hati-hati, di jaman yang udah kaya gini.. berbagai cara kotor di lakukan oleh orang atau oknum yang tidak bertanggung jawab untuk merugikan orang lain. pun halnya dengan berbagai macam modus penipuan yang sudah marak di sekitar kita.

Salah satu modus yang hampir saya alami langsung, adalah sebagai berikut;

tiba-tiba saya mendapat telepon dari nomor baru, tertera nomornya 085768818118 , tanpa naruh curiga atau apa saya angkat. percakapannya sangat singkat: S=saya P=penipu

S: Halo..

P: Hallo pak, saya dari BRI..

S: iya Halo.. [saya belum curiga karena memang saya punya tabungan di BRI]

P: Hallo pak, saya dari BRI jakarta..

S: ya.. hmmm.. jakarta? [sambil sedikit nyengir sambil mengerenyitkan alis – dah punya firasat kalo ini ada yang ga beres.. soalnya suaranya tidak terdengar seperti customer service yang sedikit lebay mendesah desah walaupun cowo hahaha]

P: iya pak.. dari BRI Jakarta.. [suaranya aga gemetar]

S: ooh.. yaa yaa ya.. jakarta ya.. [sambil ketawa lagi,]

P: ANJING kamu.. [tiba-tiba dia bilang anjing sambil suaranya tetep gemeteran, sempet kaget juga.. cuman saya masih bisa nimpalin santai]

S: ya.. gimana?

P: Anjing Kamu!! .. tuuut tuut tuut telepon terputus..

S: hmmm.. [bingung, garuk garuk kepala lalu balik depan komputer]

 

karena saya emg orangnya cuek, nyantai.. hehe.. abis kejadian kaya gitu saya ttetep lanjutin aktifitas karena emg lagi banyak yang dikerjain depan komputer.. ngga ada istilahnya langsung kebakar emosi lalu telepon balik.. karena mungkin itu tujuan nya.. agar kita menelepon balik!

karena terbiasa berfikir secara runtut.. saya masih sempat bikin alur dalam kepala saya agar saya tidak langsung terbakar emosi dan balik nelepon:

1. saya ngga ada urusan sama BRI Jakarta.. jakarta juga jakarta mana.. luas.. orang saya bikin rekening di BRI Cirebon..

2. saya sedang tida ada permasalahan dengan orang lain, kalupun masalah dengan rekan kerja saya ngga kerja di Bank..

3. saya masih engga tau itu telepon no hp provider mana.. kalo beda provider pan jadi nya jebol [hahaha..]

dan ahirnya saya cuekin deh telepon ngga jelas tersebut..

lalu baru sehari setelah nya saya teringat kejadian tersebut, dan iseng masukin nomor tersebut ke google, saya kira ngga bakalan ada yang nongol.. eh taunya ternyata ada dan satu-satu nya..

screenshoot dari google

screenshoot dari google

 

screenshoot dari twitter

screenshoot dari twitter

 

bisa di lihat di screenshoot kalo ada orang yang ngtwit tentang penipuan yang dilakukan oleh nomor 085768818118. beda nya yang ngaku kesaya dari BRI, yang itu dari BCA.. tapi yang bikin saya kaget ketika liat tanggal dibuat nya tweet tersebut yaitu 6 Desember 2012! wah.. sedangkan kejadian yang saya alami itu tanggal 2 Juli 2013.. udah setengah taun berarti.. dan bayangkan berapa orang yang [mungkin] tertipu dalam rentang waktu tersebut.. ckckck..

Walaupun saya belum bisa memastikan sendiri kalau itu adalah penipuan atau bukan; karena saya tidak menelepon balik sehingga tidak dapat mengetahui modus atau cara lanjutan penipuan dari telepon yang tiba-tiba memaki tersebut, saya hanya menduga kalau:

1. Penelepon mengacak nomor.. kesamaan dengan nomor dengan saya hanya pada 4 digit di awal

2. Tujuan dari Memaki lalu telepon putus, adalah membuat calon yang akan di tipu menjadi emosi dan balik telepon [munkin dia nya pengen nipu tapi modal nya dikit, sehingga pengen di telepon balik hehe..]

3. nah kalo udah di telepon balik, baru deh dia lancarkan modus modus lanjutannya.. hmm, karena saya tidak menelepon balik saya ngga tau deh ceritanya gimana..tapi coba deh searching di google tetang modus penipuan lewat telepon banyak banget dari mulai hadiah undian, mama minta pulsa, polisi gadungan yang ngerazia motor yang ahirnya minta pulsa juga ckckck..

 

Ahirnya saya menghimbau kepada rekan-rekan semua untuk lebih berhati-hati, waspada, jaga emosi dan tetap berfikir jernih setiap waktu. karena modus seperti ini sebenarnya bukan menggunakan hipnotis atau sejenisnya, mereka hanya menggunakan permainan psikologis yang akan membuat seseorang tidak fokus, labil, emosi dan panik sehingga seseorang akan mudah dipengaruhi.

demikian semoga bermanfaat.