Fihk Tauvhk's Blog

Learn from yesterday, Do your best today, Plan for a better tomorrow.

Yang suka terlewat ketika benerin komputer PC

Tinggalkan komentar

Ya setelah sekian lama di cuekin karena ngurusin blog yang lain, ahirnya bisa juga nulis lagi disini. Masih sharing seputar PC, internet, desain grafis dan hal-hal seperti demikian, kali ini pengen berbagi salah satu pengalaman unik waktu ngebenerin komputer di salah satu sekolah. 

 

awalnya di kasih tau gambaran masalahnya waktu dinyalain CPU idup tapi monitor mati. biasanya itu mah RAM nya yang ngadat. kalo ngga di bersihin, pindah slot, kalo tetep ya RAM nya rusak. itu asumsi pertama saya.

 

pas datang kesana saya cek, ya emang pas nyalain CPU, monitor sama sekali ngga ngerespon. oke lah bongkar CPU nya buat cek RAM. setelah di bongkar, saya bersihin RAM nya, dah gitu sekalian pindah slot. sip, tinggal di coba.

 

blep. loh ko masih ngga ngerespon. terus di tambah ngga ada bunyi khas “beep” sewaktu booting. wah apa neh ya. sekali lagi cek RAM. sekarang malah ganti RAM dari CPU laen. sengaja di pasang semua di slot nya. masa masih ngga mau nyala… 

di cek lagi.

pess.. masih ngga mau nyala.. ini kenapa…

 

karena emg otodidak, cara saya beresin PC didasarkan dari pengalaman-pengalaman sebelumnya dan sistem “cross check” atau cek silang.

 

maka, mulai lah tes silang.. ok, barangkali kabel monitor, dah di tuker-tuker sama yang laen. hasilnya tetep. barangkali monitor nya. angkut monitor yang laen, dari LCD sampe yang tabung. dah hasilnya nihil.

 

staff admin sekolah yang katanya udah marah2in tukang yang ngangkut-ngangkut komputer pas sekolah ini pindahan. ko bisa mati semua katanya..

wah, ini fenomena. keringat bercucuran karena angkut2 monitor tabung buat ngetes. kepala juga mikir kenceng ini kenapa bisa gini. kemungkinan nya kecil kalo penyebabnya kesalahan pas ngangkut. soalnya ini kenapa bisa berjamaah kaya gini.

 

dan ahirnya dalam situasi seperti ini, saya coba ngga panik dan lebih berfikir tenang. saya biasa mengurutkan suatu masalah [ilmu ini saya dapet pas pembekalan KKM dari kampus hehehe] saya coba urut kan dan ternyata masalah nya adalah: 

 

Image

 

ternyata masalah nya adalah sang staff admin yang salah nyolokin ke stabilizer. harusnya di colok di 220 volt ini di 110 volt! 

 

hahaha.. dan saya nya juga ngga meriksa itu dari awal.

 

ahirnya solusi nya adalah sangat sederhana. memindahkan colokan ke 220 volt. 

 

hikmah nya adalah jangan melewatkan sesuatu hal yang kecil karena bisa saja hal yang kecil itu malah mempunyai peran yang besar.

Penulis: tauvhk

im simple.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s