Fihk Tauvhk's Blog

Learn from yesterday, Do your best today, Plan for a better tomorrow.

Menghilangkan virus tanpa anti virus

Tinggalkan komentar

sudah lama tidak membahas virus. makin kesini makin perkembangan virus kayanya gitu-gitu aja. malah sekarang mah efek sebuah virus tidak se mamatikan virus yang dulu-dulu [ kesan nya sok tau banget hahaha..]

ya, sekarang virus komputer tidak banyak yang menyerang file. kalo dulu mungkin pernah ada virus yang efeknya menghapus file Ms. word atau file mp3. namun kayanya sekarang mah efeknya cuma “merisihkan” saja dengan menyembunyikan file-file dan folder di dalam Flashdisc dan menggantinya dengan file virus yang menyamar menjadi folder, notepad, dan file video dengan nama ber bau porno agar orang penasaran dan meng”klik” file tersebut sehingga virus menyebar luas.

untuk namanya sendiri saya ngga tau neh virus namanya apa. kemaren ngga sempet di bongkar langsung di apus gitu aja. cuman di tiap komputer dia merandom kan nama file nya sebagai penyamaran.

ok langsung aja. gimana cara menghapus virus jenis ini agar kamu yang udah kena ngga risih lagi dengan flashdisc yang acak acakan.

1. masuk ke safe mode [ dah tau kan bagaimana cara masuk ke safe mode ?]

2. setelah berhasil masuk ke safe mode, di run ketikĀ msconfig

Image

nah setelah muncul kotak dialog system configuration, masuk ke “startup” disini kita bakal tau aplikasi apa aja yang berjalan otomatis ketika pc di hidupkan.

nah pada gambar diatas sudah saya tandai ada item yang nama nya ngaco begitupun dengan manufacturer nya terdeteksi unknown. ah tanpa pikir panjang “ini biang kerok nya!”

ok disana dapat kita lihat pula alamat letak dari file mencurigakan tersebut. ingat ingat aja dulu letaknya di mana. digambar atas sudah ditandai juga ama saya letaknya ada di C:\users\user

nah langakah selanjutnya adalah mencari lokasi virus di registry, masih di kotak dialog system configuration, geser geser kolom location agar lokasi virus terlihat. seperti gambar berikut ini:

3. cari lokasi virus di registry

caranya di run ketik regedit, lalu anda akan masuk ke registry editor.

masuk ke: HKCU\software\microsoft\windows\currentversion\run

nah disana cari lagi file aneh yang namanya sama kaya yang tadi ketemu di system config

nah kalo udah ketemu dihapus deh. beres ngehapus virus di registry sekarang ke tahap selanjutnya.

4. masih inget lokasi file induk virus nya dimana? kalo lupa cek lagi di system config nya..

kalo ngga salah sih di C:\users\user

“loh kok ngga ada?”

ya tentu aja itu virus ngumpet.. caranya munculin dulu file yang di hidden nya dengan cara:

di explorerl, klik organize lalu pilih folder and search option

klik view, lalu pilih show hidden file and folders and drive

lalu hilangkan tanda centang di Hide protected operating system files. lalu klik ok.

taraa.. muncul deh file file tersembunyi begitu pula si virus dengan nama ngaco nya..

nah udah keliatan virus nya, tinggal hapus aja.. rebes deh..

pc tinggal di restart, masuk ke windows.. lalu cek deh masih ada ngga virus nya..

gitu aja, selamat mencoba.

 

Fihk.tauvhk

Penulis: tauvhk

im simple.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s