Fihk Tauvhk's Blog

Learn from yesterday, Do your best today, Plan for a better tomorrow.

My Compaq Deskpro

1 Komentar

suatu hari saya dipusingkan dengan PC yang telah saya miliki sejak kelas 3 smp ini.  PC type desktop, Compaq deskspro yang cara membuka chasingnya beda dari PC type tower atau PC kebanyakan sekarang.
berniat untuk mengganti CD-ROMnya karena sepertinya udah rusak dan menambah kapasitas RAM. saya sempat bengong bagaimana cara membuka chasingnya. setelah dibulak-balik dan berfikir bagaimana cara membuka chasingnya tanpa dipaksa atau dijebol. ahirnya berhasil juga membuka chasing nya yang mirip dengan membuka kotak korek api ini dengan cara di geser.
saat melihat bagian dalamnya, saya bengong lagi! ternyata CD-ROM nya beda banget sama yang lain. mirip CD-ROM buat laptop. tipis dan konektornya pun cuma satu. kalo CD-ROM / DVD-ROM sekarang memiliki kabel power dan data yang terpisah, kalo yang ini ngga. kayanya power ma data menyatu. saya juga ga ngerti.
Untuk masalah CD-ROM saya nyerah aja deh.. mungkin nyari dipasaran DVD-ROM yang cocok buat PC saya mungkin udah gada.. toh saya sekarang pake DVD-RAM di luar aja.
sekarang ke masalah RAM. saya berniat menambah atau mengganti RAM nya yang cuma 128 agar bisa lebih tinggi. tapi paling maksimal cuma bisa sampe 512 coz slotnya cuma ada 2. trus SDRAM kan paling tinggi cuma 256.
untuk Pemasangan RAM gada masalah. cuma kait penguncinya ja patah.. coz dah tua kali.. tapi secara umum gada masalah.. saya tambah di slot ke dua RAM 256 dan di slot pertama tetap bawaan dari sononya yang 128.
maka jadilah komputer pentium III 497 Mhz dengan memory 386 MB dan kapasitas hardisc yang cuma 40 Gb ini menemani seorang mahasiswa jurusan bahasa inggris tapi hoby disen grafis ini mengerjakan berbagai tugas kampus dan tugas ngelayout sebagai disen grafis dan layouter lembaga pers mahasiswa di kampusnya. hehe..
setelah semuanya rampung, dan chasing di pasang kembali ternyata muncul masalah baru! CMOS Checksum Invalid. waaaah.. batre cMOS nya dah abis.. yawdah saya langsung beli CMOS yang baru.
tapi ternyata batre CMOS yang baru saya beli berbeda ukurannya dari slot nya. batre CMOS yang baru saya beli lebih kecil dari ukuran Batre CMOS saya yang sebelumnya. saya coba untuk nyari lagi batre CMOS yang sesuai dengan Motherboard PC saya. tapi ternyata emang ukuran batre CMOS dipasaran sekarang ukurannya kecil. saya coba cari ke tiap2 toko komputer tapi gada.
Akhirnya saya coba akalin aja batre CMOSnya. dengan memakai isi dari kabel, saya gunakan sebagai konektor pada bagian positifnya. agar tida lepas karena ukuran kabel yang kecil dibanding dengan tempatnya, saya pake in aja double tip. hahaha.. kreatifitas yang muncul karena kepepet. hehe…

dan komputer butut saya bisa kembali normal. hehehe…
yaah.. beginilah kalo komputer built up.. banyak yang bilang kelebihannya di awet ma kuat. tapi kalo giliran spare parts…
tapi semuanya bisa di akalin kok haha..
Dengan Kemampuan Komputer saya yang sangat terbatas dibanding komputer2 sekarang, saya masih merasa cukup puas. saya masih bisa mengerjakan tugas2 kuliah dengan lancar. masih bisa mengerjakan berbagai disen menggunakan adobe InDesign Cs2 dan Photoshop CS4 dengan lancar.
tidak bergantung pada secanggih apa komputernya. tapi bagaimana orang yang menggunakannya.

Penulis: tauvhk

im simple.

One thought on “My Compaq Deskpro

  1. y gan w juga pnya tuh komputer kaya gitu..
    tapi bisa ga ya klo pentium na di ganti ma pentium 4???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s