Fihk Tauvhk's Blog

Learn from yesterday, Do your best today, Plan for a better tomorrow.

Behind the scene my design..

Tinggalkan komentar

beberapa kali saya diberi kepercayaan oleh beberapa teman dari organisasi kampus dalam pembuatan pamflet suatu event. walaupun saya sendiri hanya sekedar hoby terjun atau menggeluti dunia grafis ini. [masih cetek lah…]

untuk itu saya ingin sedikit berbagi untuk temen-temen yang tertarik dalam dunia design atau sekedar iseng pengen tau “behind the scene” design dari beberapa karya saya [ wuiiih! karya.. hehehe] yang alhamdulillah [katanya] mendapat apresiasi positif.

sebuah pamflet hendaknya tidak hanya berupa huruf-huruf dengan kata-kata persuasif ajakan atau sekedar pemberitahuan. tapi juga di dukung oleh design yang menarik sehingga selain pesan dari pamflet itu sampai pada sasaran tetapi juga membuat penasaran pada pandangan pertama dan enak untuk dilihat. kadang seseorang [seperti saya] mengacuhkan beberapa pamflet dengan design standar atau asal jadi.

memang tiap pamflet memiliki karakter atau gaya masing-masing tergantung designer nya. dan mereka juga mempunyai alasan tersendiri mengapa pamflet tersebut dibuat seperti itu.

saya sendiri biasanya menanyakan dahulu tema event nya apa? lalu saya minta data-data penting yang ingin dicantumkan di pamflet tersebut. hal ini penting karena warna dan jenis dan ukuran huruf pun mempengaruhi pesan dari pamflet itu sendiri.

seperti contoh-contoh pamflet di bawah ini:

pamflet seminar nasional anak biologi

pamflet tersebut dipesan seorang teman untuk acara seminar skala nasional tentang pendidikan lingkungan hidup. untuk itu saya memilih warna backgroud hijau dan menambahkan beberapa element vektor samar bertema lingkungan hidup seperti pohon-pohonan. untuk masalah teks memang tadinya agak kesulitan karena informasi yang dicantumkan banyak. tapi tidak menjadi sebuah masalah besar.

***

Pamflet EPSA English Contest se jawa barat

dalam pamflet ini, informasi yang dimuat tidak terlampau banyak sehingga bisa di lakukan beberapa variasi dengan tampilan beberapa teks yang lebih besar dibanding yang lain agar lebih menarik perhatian pembaca. ditambah dengan warna biru yang cerah serta sebuah icon boneka yang sedang mengangkat trophy memberi efek lebih mengena karena pamflet ini adalah pamflet event perlobaan tingkat jawa barat.

****

pamflet buat anak teater

untuk pamflet yang ini, saya tambahkan beberapa gambar motif batik asli cirebon yaitu mega mendung karena event ini bertema seni. namun saya sempat kesulitan dalam penempatan teks dikarenakan data-data informasi yang ingin disampaikan sangat banyak. walaupun seperti saling menumpuk, saya gunakan outline putih lembut pada tiap teks agar masih terlihat jelas di atas background berwarna biru tua.

*dari beberapa pamflet diatas sebagian diperbanyak dengan cara di copy, untuk itu perhitungkan juga faktor warna dan backgroud agar teks masih bisa di baca dengan jelas. untuk itu saya tidak menggunakan full background bergambar atau berwarna. untuk jaga2 agar teks masih bisa terbaca dengan jelas walaupun copy-an.

yang pasti dalam setiap karya design grafis, tidak hanya dibutuhkan peguasaan dari beberapa “dekstop publishing” seperti Corel, Photoshop dsb, tapi semua itu harus di tunjang dengan adanya rasa. dengan adanya rasa seni, setiap karya pasti memiliki karakter tersendiri yang mampu menarik perhatian.

update pamflet2 saya yang laen:

 

Penulis: tauvhk

im simple.

Tinggalkan Balasan

