Fihk Tauvhk's Blog

Learn from yesterday, Do your best today, Plan for a better tomorrow.

Rokok? jangan pernah Nyoba!

2 Komentar

Rokok itu tidak ada baiknya sama sekali, malah sangat merugikan kesehatan. kesehatan si perokok maupun orang lain. karena dalam satu batang rokok, terdapat beberapa zat-zat kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh, diantaranya:

  • Hydrogen Cyanide [racun yang digunakan dalam pelaksanaan hukuman mati]
  • Acetone [penghapus cat]
  • Ammonia [pembersih lantai]
  • Methanol [bahan bakar roket]
  • Toluene [pelarut industri]
  • Arsenic [racun semut putih]
  • Napthalene [kapur barus]
  • Butane [ bahan bakar korek api]
  • Cadmium [dipakai pada accu mobil]
  • Carbon Monoxide [gas beracun yang keluar dari knalpot]
  • Vinyl Clhoride [bahan plastic PVC]
  • Dll [dan lain-lain.. hehehe..]

selain berbahaya bagi diri sendiri, asap rokok juga sangat berbahaya dan mengganggu bagi orang lain. menurut penelitian juga menyebutkan jika perokok pasif lah yang lebih banyak menaggung bahaya dari asap rokok. maka solusinya adalah:

  • jika anda seorang perokok, maka jangan biarkan asap rokok anda terhisap oleh orang lain dengan cara hisap kembali setiap asap yang telah anda hembuskan. selain irit, sayang juga kan di buang-buang…
  • atau bagi anda yang suka merokok bersama sama, cukup satu orang yang menyalakan rokok. jika teman anda menghembuskan asap rokoknya, maka hisaplah hembusan asap tersebut oleh yang lainnya. selain irit, cara ini juga dapat mempererat tali silaturahmi dengan teman-teman anda.
  • bagi anda yang tidak merokok dan mempunyai teman atau saudara perokok, hendaknya anda minta dengan sangat hormat agar segera mematikan rokoknya. apabila menolak, maka sebaiknya anda yang mengalah untuk pergi. namun tidak baik jika anda mengalah terus-menerus. ada baiknya juga apabila anda bertindak dengan cara memadamkan rokoknya walaupun tanpa meminta ijin terlebih dahulu.

Hehehehe… just kidding… intinya kita harus saling menghormati hak masing-masing. ketika seorang perokok merasa berhak untuk merokok, maka orang lainpun memiliki hak untuk tidak menghisap racun dari asap rokok yang mereka hisap.

jangan pernah mencoba untuk merokok! karena jika sudah mencoba, maka cenderung akan ketagihan karena rokok memiliki sifat adictif atau kecanduan. jika sudah kecanduan, maka akan sulit bagi perokok intuk berhenti. jika berhasil berhenti, umumnya mereka akan sakit-sakitan. Lho!!! serba salah dong!! mo berhenti malah jadi sakit-sakitan… tenang.. ada penjelasannya kenapa hal itu bisa terjadi..

Rokok itu kan pemakaiannya dengan dihisap asapnya. yang namanya asap pasti panas. sementara itu di dalam saluran pernafasan manusia terdapat selaput lendir. juga terdapat rambut halus yang fungsinya menyaring kotoran-kotoran dan bibit-bibit penyakit yang lewat di saluran pernafasan. nah kalau saluran pernafasannya di panasin terus sama asap rokok, lama-lama rambut halus tersebut bakalan mengering. jika rambut halus sudah mengering, maka lendir akan di produksi lebih banyak untuk melindungi rambut-rambut halus tersebut dari kekeringan. namun karena produsen lendir memiliki keterbatasan bahan baku dalam memproduksi lendir, maka lama-lama lendir yang di hasilkan tak mampu lagi menyelamatkan rambut-rambut halus tersebut.

nah ketika seseorang memutuskan berhenti untuk merokok. produksi lendir tetap banyak dalam kondisi rambut-rambut halus belum pulih total sehingga penyakit yang masuk dapat bebas masuk [freepass] tanpa permisi. maka daya tahan tubuh harus tetap terjaga selama masa penyembuhan dari kebiasaan merokok.

dalam islam pun merokok memiliki hukum makruh, yaitu apabila di tinggalkan mendapat pahala, apabila di lakukan tidak apa-apa. sehingga lebih baik ditinggalkan. karena merokok sama dengan menganiaya diri sendiri. waluapun bagi perokok, merokok dapat meneangkan pikiran dan sebagainya, namun akibat jangka panjangnya sangat merugikan bagi kesehatan.

Tiap batang rokok yang anda hisap adalah cicilan penyakit yang akan anda terima di hari nanti.

maka langkah yang paling tepat dalam menyikapi hal ini adalah untuk tidak memulai untuk merokok. karena sekali mulai maka pasti akan kecanduan. ketika akan berhenti, maka tubuh butuh waktu lama untuk memulihkan dan membenahi kerusakan yang ditimbulkan oleh racun asap rokok.

Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin.

Pesan itu tercantum dengan jelas di tiap-tiap bungkus rokok. Haruskah pesan tersebut di cantumkan di tiap batang rokok?

Penulis: tauvhk

im simple.

2 thoughts on “Rokok? jangan pernah Nyoba!

  1. iya. ya, para perokok itu kok gak pada sadr, pridusennya aja udang ngebilangin kalu rokok itu berbahaya untuk kesehatan, masih saja nekat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s