Fihk Tauvhk's Blog

Learn from yesterday, Do your best today, Plan for a better tomorrow.

Mengamankan Flashdisk dari Virus.

3 Komentar

Bagi para pengguna komputer, virus pasti bukan hal yang asing. Apalagi saat ini musimnya Flashdisk. Virus-virus makin banyak menyebar menggunakan peranti yang sudah dianggap vital bagi para pengguna komputer saat ini.

Menurut penelitian saya [ he…he…he…kesannya sok tau ya….]

Syarat sebuah virus computer itu adalah:

  1. Menyembunyikan prosesnya
  2. Mengaktifkan dirinya setiap startup
  3. Menyebarkan dirinya melalui media file executable
  4. Mempercepat proses penyebarannya melalui media pertukaran data dan informasi
  5. Mempercepat penyebarannya dengan memanfaatkan kelemahan suatu system
  6. Mempercepat proses penyebarannya dengan pendekatan social engineering
  7. Menyebarkan dirinya dengan filename spoofing.
  8. Berusaha mempertahankan existensi dirinya

Saya akan sedikit mengupas penyebaran suatu virus dengan media Flashdisk. Saat ini virus-virus udah memulai trendnya yang baru, yaitu ia akan menyebar otomatis tanpa di klik apa bila si komputer yang terinfeksi mendeteksi adanya Flashdisk yang masuk. Namun saya tidak menemukan / belum menemukan penyebaran langsung suatu virus dari Flashdisk yang terinfeksi ke komputer yang belum atau tidak terinfeksi.

Itu karena Flashdisk tidak memiliki “otak” yang dapat memerintah secara langsung pengeksekusian suatu program. Flashdisk hanyalah suatu hardware yang akan mengeksekusi suatu data apabila di perintah [ di klik ato di copy]. Namun dalam komputer yang telah terinfeksi oleh suatu virus, “otak” nya kini telah “teracuni” oleh perintah-perintah yang berjalan secara otomatis ketika komputer di hidupkan. Sehingga secara otomatis virus akan menyebar melalui Flashdisk yang terdeteksi oleh si komputer.

Mulai sekarang, biasakan me-scan setiap Flashdisk yang masuk ke komputer anda. Karena biasanya, jika virus telah menginfeksi Flashdisk anda, ia akan menyembunyikan data asli anda dan ia akan membuat tiruan dari data asli anda dengan maksud agar anda mengira bahwa ia adalah data anda. jika anda tidak teliti, mungkin anda akan langsung mengklik atau me-copy data yang anda kira itu data anda, padahal itu adalah virus yang akan menginfeksi komputer anda.

Untuk itu pakailah selalu antivirus update-an ter anyar. Karena jika anti virus anda tidak di update atau anda tidak memakai update-an terbaru, di luar sana para virus maker selalu mengupdate virus-virus piaraanya.

Namun jika anda tidak / belum memiliki antivirus update-an terbaru. Ada baiknya anda ikuti trik berikut :

Ketika Flashdisk anda sudah dimasukan dan sudah connect. Masuk ke jendela exploler lalu klik removable disc anda namun jangan langsung membuka data di dalamnya.

Lalu ikuti langkah berikut :

1. klik tools di menu

2. klik folder option

3. dalam jendela folder option, pilih views.

4. klik show hidden and files folder.

5. hilangkan checklis pada hide protected operating system files,

maka akan muncul peringatan. anda klik “yes”.

Maka data asli anda akan muncul dalam warna samar.

Lalu ubah tampilan icon foldernya menjadi detail. Caranya klik views di toolbar lalu pilih details. Maka tipe dari data folder anda akan muncul. Jika virus, walaupun ia mengubah icon nya menjadi icon folder, namun tipenya akan tetap application. Naah yang beginian yang harus anda hapus. Dalam proses penghapusan, anda harus hati-hati karena jika anda malah salah mengklik satu kali jadi dua kali, maka anda malah mengaktifkan virus tersebut.

Oleh karena itu agar aman, anda lakukan pemblok-an di “lahan kosong” sampai menyentuh file virus yang akan kita hapus. Atau anda lakukan search pada Flashdisk anda caranya setelah masuk pada search plih searchnya all files and folder lalu ketik .exe pada kolom pencarian. Maka folder-folder yang memiliki type application akan di kumpulkan dan anda dapat langsung menghapusnya.

Mau lebih gampang ?? kilik kanan aja deh, trus klik arange icons by lalu pilih type. Maka folder-folder akan di kelompokan sesuai type nya. Namun kelemahan tips ini adalah apabila anda membuat banyak folder dalam folder. Sehingga akan memakan banyak waktu dan tenaga.

Saya sarankan anda memakai fasilitas search karena fasilitas ini akan mampu menampilkan semua folder sesuai type yang anda inginkan dalam satu waktu dari berbagai folder dalam Flashdisc anda.

Untuk berjaga-jaga, anda sebaiknya memiliki antivirus yang portable. Sehingga anda dapat menyimpannya dalam Flashdisk karena biasannya ukurannya tidak terlalu besar. Selain mengamankan Flashdisc anda jika digunakan di komputer-komputer yang rawan terjangkit virus, anda juga dapat ikut membersihkan virus-virus yang membahayakan Flashdisc anda dari komputer tersebut.

Ok. Akhirul kata. Virus menyebar bukan hanya karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan.waspadalah !!! waspadalah !!!

Thanks

Fihk.

Penulis: tauvhk

im simple.

3 thoughts on “Mengamankan Flashdisk dari Virus.

  1. artikle yg cukup bermanfaat….
    thanks bgt
    gw jdi lebih tau sekrg….

    good job !!!

  2. nice info brotha thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s